Updates:Anda Butuh Visa Kilat & Urgent? Diskusikan Dengan Kami

Eropa masih menjadi salah satu primadona tujuan liburan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi menjelang musim dingin, wisatawan asal Indonesia tak sabar ingin merasakan sensasi bermain salju. Nah, jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke wilayah Eropa, tentunya kamu harus mengetahui cara membuat visa Schengen, nih. Dalam artikel ini akan membahas Cara Mengajukan Visa Schengen Mudah dan Cepat.

Table of Contents

Apa itu Schengen? Visa Schengen merupakan visa khusus pelancong saat mengunjungi negara-negara wilayah Schengen di Benua Eropa, baik untuk wisata atau bisnis. Ada 26 negara di Eropa yang bisa disambangi dengan visa Schengen.

Baca Juga : Cara Mengajukan Visa Inggris (UK)

Negara-negara di Schengen Area antara lain, Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Masa berlaku visa Schengen biasanya selama 90 hari dalam rentang waktu 180 hari. Cara membuat visa Schengen ini pun terbilang tidak sulit, dengan catatan kamu memenuhi persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Visa Schengen ada dua jenis yakni Single Entry Visa dan Multiple Entry Visa.

Jenis Visa Schengen

Ada dua jenis visa Schengen yang dikeluarkan oleh kedutaan atau Konsulat, yakni:

1. Single Entry Visa

Jenis visa Schengen untuk satu kali masuk ke negara Schengen bagi pemegangnya. Jika kamu sudah keluar dari satu negara di area Schengen, visa Schengen yang sama tidak bisa digunakan kembali.

2. Multiple Entry Visa

Visa yang digunakan untuk mengunjungi negara Schengen dan non Schengen. Kamu bisa berkunjung ke satu negara dan satu negara lain dengan masa izin tinggal 90 hari selama kurun waktu 180 hari.

 

Setelah mengetahui jenis-jenis visa Schengen, ini saatnya kamu mengetahui syarat visa Schengen agar memudahkan kamu dalam proses pembuatan visa Schengen.

Syarat Visa Schengen

Untuk mengajukan visa Schengen, kamu harus melengkapi dokumen dan data-data tertentu, yakni:

– Formulir permohonan visa Schengen
– Paspor yang masih berlaku (minimal 3 bulan)
– Pas foto terbaru ukuran 3,5 x 4,5 cm (background abu-abu terang)
– Bukti tiket penerbagan pulang dan pergi
– Bukti pemesanan hotel atau akomodasi
– Rekening koran 3 bulan terakhir
– Polis asuransi perjalanan
– Surat sponsor secara finansial

Jika sudah mempersiapkan seluruh persyaratan visa Schengen di atas, yuk simak cara membuat visa Schengen!

Baca Juga : Cara Mengajukan Visa Amerika

Panduan Cara Mengajukan Visa Schengen 2024

Schengen

Berikut adalah 5 langkah mudah untuk membuat visa Schengen bagi kamu yang ingin berangkat ke Eropa:

1. Mengajukan Permohonan ke Kedutaan, TLS Contact, atau VFS Global

Kamu dapat memilih akan membuat visa Schengen melalui kedutaan, TLS Contact, atau VFS Global. Kunjungi situs kedutaan negara tujuan, kemudian pelajarilah ketentuan pembuatan visa Schengen dengan teliti.

2. Membuat Janji Temu Pembuatan Visa Schengen

Buatlah janji temu dengan pihak kedutaan atau VFS Global untuk mengajukan permohonan visa. Jika kamu ingin semuanya disiapkan dengan matang, kamu juga bisa mengajukan permohonan 6 bulan sebelum keberangkatanmu. Nantinya, permohonan visa akan diajukan dalam waktu minimal 15 hari sebelum keberangkatan.

3. Mengumpulkan berkas visa Schengen

Cara membuat visa schengen selanjutnya adalah dengan mengajukan berkas permohonan visa. Saat melakukan pengajuan permohonan visa ini, memang sebaiknya kamu datang secara pribadi ke Kedutaan atau VFS Global dengan membuat janji temu.

Siapkan dokumen sesuai dengan tujuan keberangkatanmu. Kamu bisa melihat dokumen apa saja yang dibutuhkan di website resmi Kedutaan Besar Republik Federal Jerman. Terakhir, isilah lembar perjalanan

Jika kamu masih berusia di bawah 18 tahun, wajib untuk datang bersama kedua orangtua atau wali saat mengajukan permohonan visa Schengen. Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan saat mengajukan permohonan, yaitu:

Akta kelahiran anak
Akta cerai orangtua dan putusan cerai yang mencakup putusan hak asuh anak (Jika orangtua sudah bercerai)
Akta kematian (Apabila salah satu orangtua telah meninggal)
4. Melakukan wawancara dan pembayaran

Sesudah menyerakah berkas persyaratan membuat visa Schengen ke Kedutaan, kini saatnya kamu menunggu interview. Tunggulah kapan pihak kedutaan membuat janji interview.

Untuk cara membuat visa Schengen langkah ke-3 ini, siapkanlah jawaban-jawaban yang sekiranya akan mempermudah proses permohonan visa Schengen. Biasanya, akan ada pertanyaan-pertanyaan mengenai perjalanan yang akan kamu lakukan. Pada tahap ini juga, akan dilakukan pengambilan foto serta sidik jari, dan pembayaran biaya visa.

5. Tunggu waktu pemrosesan

Setelah permohonan visa diajukan, Kedutaan atau VFS Global akan memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan keputusan terhadap visa yang kamu ajukan.

Lalu, berapa lama pembuatan visa Schengen? Pemrosesan visa Schengen memakan waktu kurang lebih selama 15 hari sejak Kedutaan menerima permohonan pembuatan visa kamu. Setelah itu, visa dapat dikirim menggunakan kurir, lho.

Jika ada dokumen yang tidak lengkap, maka proses pengerjaan visa Schengen menjadi lebih lama lagi. Jadi, pastikan kamu memerhatikan cara membuat visa Schengen ini dan melengkapi semua syarat membuat visa Schengen, ya.

Jasa Pengurusan Visa Schengen Tanpa Ribet dan Cepat

Jika Anda ingin menghemat waktu dengan tidak mengeluarkan banyak biaya, Anda tentu membutuhkan layanan jasa pengurusan Visa Schengen. Anda hanya cukup menghubungi SSI Global Visa maka urusan visa Anda bisa selesai dengan cepat.

Lengkapi dokumen yang dibutuhkan, kemudian hubungi admin kami, maka Anda tidak perlu memikirkan pengurusan Visa Schengen lagi hingga selesai. Biaya jasa pengurusannya realtif jauh lebih ringan dibanding Anda mengurusnya sendiri.

Pencapaian SSI Global Visa sebagai jasa pengurusan visa jakarta selama 12 tahun sejak tahun 2012 dalam jasa pengurusan Visa Schengen, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan juga kerahasiaan setiap dokumen data-data pribadi Anda. Dengan 2.600+ visa approved dan terdiri dari 23 tim yang berpengalaman, SSI Global Visa selalu up-to-date dengan perkembangan informasi visa dan membantu menjawab kebutuhan visa Anda.

Keunggulan Jasa Pengurusan Visa Schengen di SSI Global Visa :

1. Biaya jasa pengurusan Visa Schengen paling murah se-Indonesia
2. Gratis antar jemput dokumen khusus wilayah Jakarta.
3. Tim yang profesional dan berpengalaman selama lebih dari 12 tahun dalam jasa pengurusan Visa Schengen.
4. Bekerja cepat dan tepat waktu.
5. Konsultan visa terbaik di Indonesia.

3 Macam Jasa Pengurusan Visa Schengen di SSI Global Visa

1. Single Entry : Visa yang berlaku untuk 1 kali kunjungan ke negara Eropa dengan masa berlaku terbatas.
2. Multiple Entry : Visa yang berlaku lebih dari 1 kali kunjungan ke negara Eropa dengan masa berlaku maksimal 5 tahun.
3. Proses Kilat : Layanan proses visa kilat dan urgent untuk visa turis dan visa bisnis baik untuk Single Entry maupun Multiple Entry.

Perlu kami sampaikan, SSI Global Visa merupakan perusahaan Jasa Pengurusan Visa resmi dan legal yang bekerja sama dengan pihak kedutaan.